Home » » Polres Kebumen Bekuk Pencuri 15Karung Gabah

Polres Kebumen Bekuk Pencuri 15Karung Gabah

Written By EFKA BEKA on 23 Apr 2013 | 00.22.00

EFKABEKA OnLine - (22/4/13). Aksi kejar-kejaran antara petugas Patroli Polsek Kutowinangun dan Unit Resmob Sat Reskrim Polres Kebumen dengan pelaku pencurian gabah yang selama ini meresahkan masyarakat berakhir setelah petugas menembak roda belakang mobil Mitsubishi T 120 SS yang digunakan pelaku dalam melancarkan aksinya.

Berawal ketika korban MUCHIBUN, 59 th, warga Desa Tersobo – Prembun yang memergoki aksi para pelaku saat memuat 9 karung gabah dari teras rumahnya keatas kendaraan milik para pelaku. Takut tertangkap, pelaku melarikan mobilnya kea rah barat dengan kecepatan tinggi. Tidak mau kehilangan hasil panen nya, MUCHIBUN bersama tetangganya mengejar pelaku dengan menggunakan sepeda motor.

Saat melakukan pengejaran, MUCHIBUN dkk berhenti di Polsek Kutowinangun untuk melaporkan kejadian tersebut. Tanpa membuang waktu, Unit Sabhara Polsek Kutowinangun melakukan pengejaran dengan menggunakan mobil patroli Strada Triton ke arah barat. Disamping melakukan pengejaran, petugas mengabarkan kejadian tersebut kepada jajaran melalui udara dan langsung direspon oleh SPK Polres Kebumen dengan mengabarkan ke jajaran Polsek se Kebumen menggunakan alat komunikasi yang ada.
Unit Resmob Sat Reskrim Polres Kebumen, yang memonitor peristiwa tersebut langsung ikut bergabung melakukan pengejaran. Meski sempat kehilangan jejak, akhirnya berkat informasi dari masyarakat, mobil yang dikendaraai pelaku ditemukan di seputaran desa Jatisari.

Ketika diminta untuk berhenti, pelaku yang diketahui bernama SJH, 38 th, dan IR, 36 th, tetap melarikan mobilnya dengan kecepatan tinggi, tidak mau kehilangan buruannya lagi, akhirnya petugas melepaskan beberapa kali tembakan peringatan keudara. Namun karena kedua pelaku warga Kab. Magelang itu tetap melaju tanpa menghiraukan peringatan petugas, akhirnya petugas melepaskan tembakan ke arah roda belakang mobil pelaku. Tembakan jitu anggota Resmob menyebabkan ban belakang mobil pelaku pecah dan kempis, kemudian tanpa perlawanan berarti SJH dan IR pun digelandang ke Polres Kebumen untuk proses penyidikan lebih lanjut. Sebagai 1 unit mobil Mitsubishi T 120 SS Pick Up, No. Pol. : AA 1732 LN warna hitam yang memuat 15 karung gabah, sebuah pisau, dan 3 buah telephone genggam telah disita dari tangan kedua tersangka.

Kapolres Kebumen AKBP Heru Trisasono, SIK, M.Si melalui Kasubbag Humas AKP Wasidi mengatakan “Tertangkapnya pelaku spesialis pencurian gabah itu berhasil karena partisipasi dan kepedulian masyarakat yang cepat melaporkan adanya suatu tindak pidana kepada Kepolisian terdekat”. 
(sumber/catur/humas/reskbm)
Share this article :
 
Support : Creating Website | BeKa TEAM | Mas Template
Copyright © 2013. EFKABEKA OnLine - All Rights Reserved
Template Edited by Divisi Informasi Published by EFKABEKA
Proudly powered by Blogger